Panglima TNI Lakukan Promosi dan Rotasi Jabatan Perwira Tinggi, Fokus Keamanan Lingkungan Kepresidenan

JAKARTA -Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto telah melakukan promosi, rotasi, dan mutasi sejumlah perwira tinggi TNI, termasuk di lingkungan kepresidenan. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SKEP) Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 yang diteken pada Jumat (18/10) lalu.

Salah satu perubahan penting adalah promosi Mayjen TNI Achiruddin, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), kini diangkat sebagai Pangdam VI/Mulawarman. Namun, hingga saat ini, Panglima TNI belum menunjuk pengganti Achiruddin untuk posisi Danpaspampres yang bertanggung jawab langsung atas keamanan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto dan keluarganya.

Panglima TNI juga memberikan promosi kepada Kolonel Inf. Wimoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres, kini menjadi Komandan Resor Militer (Danrem) 102/Panju Pajung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Satuan Grup A Paspampres dikenal sebagai unit elit yang bertugas mengawal Presiden dan keluarganya.

Selain itu, Panglima TNI merotasi Wakil Komandan Paspampres. Marsekal Pertama TNI Solihin yang sebelumnya menjabat di posisi tersebut kini digantikan oleh Brigjen TNI (Mar) Samson Sitohang. Sebelumnya, Samson menjabat sebagai Komandan Komando Pendidikan Marinir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *