Upaya Pemerintah Menjaga Stabilitas Inflasi Untuk Kestabilan Ekonomi

JAKARTAWakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menggarisbawahi pentingnya menjaga angka inflasi dalam batas yang terkendali untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Dalam pernyataannya pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024), Suahasil menegaskan bahwa tingkat inflasi yang tinggi dapat menggerogoti daya beli masyarakat.

Dorongan keras dari pemerintah adalah untuk menekan angka inflasi agar tetap berada di bawah 3%. “Saat ini, Indonesia berada di sekitar 3,0%, yang kita anggap cukup nyaman. Namun, kita berharap dapat menurunkannya lebih jauh lagi agar pendapatan masyarakat tidak tergerus oleh kenaikan harga yang tidak terkendali,” jelasnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa inflasi pada bulan April 2024 mencapai 0,25% secara bulanan (month to month). Secara tahunan, angka inflasi mencapai 3,0% (yoy), sementara secara tahun kalender mencapai 1,19% (ytd). Meskipun tingkat inflasi bulanan pada April ini lebih rendah dari bulan sebelumnya, namun angka tahunan mengalami sedikit peningkatan dari posisi April tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *